Berburu susu segar di Berastagi


Ketika lagi liburan ke Berastagi, seorang teman merekomendasikan untuk membeli susu segar yang ada di Berastagi, timbul rasa penasaran kami untuk mengunjungi peternakan sapi penghasil susu segar yang keberadaannya saat ini menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke Berastagi. Kami sepakat untuk segera berburu susu segar disini. Sebenarnya untuk menuju lokasi peternakan sapi tersebut dapat ditempuh melalui dua cara, pertama kita dapat masuk sebelum belokkan dekat penjual bunga "Pelawi" dan sesudah simpang Tugu Jeruk Berastagi, masuk sekitar 4 KM kedalam tanpa dipungut biaya restribusi dan kedua melalui kota Berastagi, dengan membayar biaya restribusi. Petunjuknya, dari pasar buah Berastagi lalu memasuki gerbang objek wisata Gundaling terus menuju persimpangan Hotel Sibayak, dari sini kita dapat menyusuri jalan raya menuju kawasan desa Jaranguda sampai menemukan persimpangan kemudian belok kanan ke lokasi Gundaling Farm dengan waktu lebih kurang 15 menit.
Karena perjalanan kami dari kota Medan lebih dekat dengan cara pertama, kamipun memilih jalur ini untuk menuju lokasi Gundaling Farm. Kami mengikuti petunjuk arah yang ada, ternyata jalan masuk menuju lokasi cukup jauh sekitar 4 km. Kami menyusuri jalan yang cukup sepi. Disekitar jalan hanya terdapat hutan dan pohon-pohon yang kami temui, terbersit rasa khawatir dan cemas untuk melanjutkan perjalanan, sesekali kami berpapasan dengan muda-mudi yang ternyata mahasiswa dan mahasiswi sebuah universitas yang ada di jalan tersebut sedangkan kenderaan tidak begitu banyak yang terlihat melintas pada saat itu. Kondisi jalan saat ini cukup baik, tampak ada pelebaran badan jalan dan perbaikan jalan dibagian yang rusak dan berlubang. Walaupun sepi akan tetapi pemandangan disekitar jalan cukup indah, banyak pohon-pohon cemara dan pinus yang tumbuh disekitarnya dengan udara yang sejuk dan dingin. Apalagi kami dapat melihat rumah-rumah dan lahan pertanian dari atas kaki gunung Sibayak.

 Pemandangan Indah Menuju Gundaling Farm

Tidak terasa akhirnya sampai juga di lokasi peternakan sapi murni yang dikenal sebagai Gundaling Farm atau Daling Farm ini. Peternakan seluas 15 Ha ini dikelola oleh PT. Putra Indo Mandiri Sejahtera (PT. PIMS) yang memproduksi berbagai susu sapi murni (pasteurisasi) dan yoghurt dengan berbagai rasa dan ukuran. Asyiknya lagi, karena peternakan ini dikelola oleh ahli yang profesional dengan menggunakan mesin yang canggih serta bersih maka kita nggak perlu takut lagi terhadap kuman-kuman dan bakteri yang ada pada susu. Karena proses pasteurisasi yang telah dilakukan dapat membunuh bakteri-bakteri yang ada pada susu terutama bakteri patogen. Para pekerjanya juga menjaga lingkungannya agar tetap steril dengan memakai pakaian wajib berwarna putih seperti dokter, memakai masker dan penutup kepala serta menjaga kebersihan areal kerjanya.



Sapi-sapi bercorak hitam putih yang diternakkan disini berasal dari Australia loh, dengan jumlah lebih kurang 400 ekor. Hebatnya, sapi-sapi disini sudah sangat terlatih dan disiplin. Mereka tidak akan mau diperah susunya jika belum waktunya. Uniknya setiap sore sekitar jam 16.00, tanpa harus diperintah sapi-sapi ini berbaris keluar dari kandang menuju tempat pemerahan susu sapi saat diperdengarkan musik klasik.

 Tempat Membeli Susu

Para Pengunjung Rela Antri Untuk Membeli Susu Sapi Segar


Untuk produk susu sapi murni yang dihasilkan tersedia berbagai ukuran : 180 ml (cup), 500 ml (bantalan), dan 1 liter (wadah botol), dengan varian rasa seperti Coklat, Strawberry, Mocca, sedangkan untuk produk yoghurt tersedia varian rasa Vanilla, Manggo, Strawberry dan Bluberry dengan ukuran cup dan liter. Produksi susu sapi murni ini sudah semakin berkembang dan saat ini juga sudah dipasarkan sampai ke kota Medan. Bagi anda yang tidak sempat berkunjug ke Berastagi juga dapat menemukan susu sapi murni produksi PT. PIMS ini diberbagai supermarket di kota Medan.
Karena saat berkunjung ke Gundaling Farm ini waktunya sudah agak sore dan pengunjung yang datang juga cukup ramai dimana susu dan yoghurt sudah banyak terjual, sehingga kami tidak kebagian susu seperti yang diinginkan. Akhirnya kami hanya dapat membeli susu rasa strawberry ukuran cup dan susu murni ukuran 500 ml. Ada perasaan kecewa sih karena masih penasaran ingin mencicipi yoghurt dan susu rasa lainnya. Tapi sambil menunggu pesanan susu datang ataupun sekedar melepaskan lelah, kita dapat menikmati kuliner di Gundaling Farm berupa gorengan dan juga minuman seperti Teh Manis, Teh Susu, Kopi Hitam dan Kopi Susu.
Sungguh pengalaman yang menyenangkan berkunjung ke peternakan ini. Selain dapat mencicipi susu segar (pasteurisasi), kami juga dapat menikmati pemandangan yang indah dilokasi ini. Wisata ini dapat dijadikan sebagai edukasi bagi kami dan juga pengunjung lain.
Bagi anda yang belum pernah datang ke lokasi ini, sempatkan singgah ke Gundaling Farm di Berastagi, selain dapat menambah pengetahuan. kita juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil menikmati susu sapi yang segar.


Just Info :
Harga Susu dan Yoghurt di Gundaling Farm :


Share this:

CONVERSATION

2 komentar:

  1. Ane mau pesan gan?, serius bagaimana??....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau pesan susu ya harus berkunjung ke peternakkannya langsung sambil berwisata ke Berastagi, biar mendapatkan susu sapi yang masih segar dan baru.

      Hapus